http://www.cursors-4u.com/cursor/2014/03/15/rainbow-pinwheel-pointer.html

Minggu, 29 Januari 2017

MENU PELAYANAN



 MENU PELAYANAN
NIKAH DAN RUJUK
PERWAKAFAN
IBADAH HAJI
PENDIRIAN MADRASAH (FORMAL/NON FORMAL)



NIKAH DAN RUJUK
Ø Prosedur Pendaftaran dan Pencatatan Nikah dan Rujuk
1. Calon Pengantin/Wali menemui Ketua RT/RW/Kadus untuk mendapatkan surat pengantar Nikah/Rujuk.
2.    Selanjutnya ke Kantor Desa untuk mendapatkan:
1)        Surat Keteranganm Untuk Nikah (Model N 1)
2)         Surat Keterangan Asal Usul (Model N 2)
3)         Surat Keterangan Persetujuan Mempelai (Model N 3)
4)         Surat Keterangan Tentang Orang Tua (Model N 4)
5)        Surat  Ijin  Orang  Tua bagi calon  mempelai  yang  usianya  kurang  21  tahun  (Model N 5)
6)   Surat Keteranga Kematian (Model N 6) bagi calon  mempelai  janda/duda  ditinggal     mati
7)        Surat Pengantar Kehendak Nikah  (Model N 7)
8)        Surat Keterangan Wali
9)        Surat Pengantar ke PUSKESMAS untuk mendapatkan imunisasi TT bagi calon mempelai perempuan.
3. Ke Kantor Camat untuk mendapatkan dispensasi bagi calon mempelai yang mendaftarkan kehendak nikahnya kurang 10 hari.
4.    Ke PUSKESMAS untuk mendaftarkan imunisasi.
5.    Ke KUA Kecamatan dengan melampirkan:
1)       Surat-surat Keterangan dari Desa /Kelurahan sebagaimana tercantun pada poin 2
2)       Foto terbaru ukuran 2x3 sebanyak 4 lembar
3)   Surat Rekomendasi dari KUA Kecamatan tempat tinggal calon mempelai laki-laki jika berasal dari luar daerah
4)       Foto copy surat imunisasi (catin Perempuan)
5)       Foto copy KTP yang masih berlaku, Kartu Keluarga dan Akta Lahir
6)       Akta Cerai asli dari Pengadilan Agama bagi calon mempelai duda/janda cerai
7)     Surat  pernyataan  tidak terikat pernikahan yang ditandatangani calon mempelai diatas materai 6000
8)    Surat  Izin  dari  Pengadilan  Agama  bagi  calon  pengantin  yang  hendak  berpoligami       
9)      Surat  Izin  dari Pengadilan Agama bagi calon mempelai yang usianya kurang dari 16 tahun (perempuan) dan kurang dari 19 tahun (laki-laki)
10)    Surat Izin atasan/kesatuan jika calon mempelai anggota TNI/POLRI
11)   Surat Keputusan Pengadilan Agama tentang wali hakim bagi calon mempelai yang walinya adlal/enggan menjadi wali
12)  Membayar biaya pencatatan Nikah ke Kas negara sebesar Rp. 600.000,- melalui Bank   persepsi yang sudah ditentukan
13)  Setelah  Penghulu melakukan penelitian berkas-berkas dan mencatat pada formulir NB,  calon  mempelai menandatangani NB tersebut
14)   Menerima   jadwal   Kursus   Calon  Pengantin  menghadiri   pelaksanaan   akad  nikahnya
15)   Mengajukan  permohonan  jika  untuk pelaksanaan upacara akad nikah di luar Balai Nikah  KUA
16)    Pelaksanaan Nikah:
a.  Upacara akad nikah dilaksanakan di Balai Nikah KUA atau di tempat yang telah  ditentukan calon pengantin/wali nikah setelah sebelumnya diajukan ke KUA saat daftar nikah
b.    Setelah   selesai   akad   nikah   kedua  mempelai  mendapatkan  Buku  Nikah  (Model  NA).

Ø Prosedur Pembuatan dan Legalisasi Surat-Surat Keterangan Tentang Pernikahan dan Rujuk
1.    SURAT REKOMENDASI NIKAH
1)   Catin  melampirkan  Surat  Keterangan  Nikah   (Model  N1,  N2, N3,  dan  N4)  dari  desa setempat
2)   Fotocopy KTP dan Akta Kelahiran
3)   Surat Pengantar dari Desa yang mencantumkan nama dan alamat lengkap calon istri
4)   Petugas pelayanan menerbitkan Surat Rekomendasi Nikah.

2.    DUPLIKAT KUTIPAN AKTA NIKAH (Buku Nikah)
1) Surat Pengantar dari Desa yang mencantumkan nama, alamat dan nomor register Akta Nikah yang bersangkutan
2)   Surat Kehilangan dari pihak yang berwajib apabila Buku Nikah hilang
3)   Surat Keterangan dari Desa apabila buku nikahnya rusak, disertai bukti fisiknya
4)   Foto terbaru 3 x 4 @ 3 lembar
5) Apabila identitas pemohon telah ditemukan dalam register Akta Nikah, maka petugas pelayanan akan menerbitkan duplikat Kutipan Akta Nikah.

3.    LEGALISASI        SURAT-SURAT        YANG         BERHUBUNGAN        DENGAN         PERNIKAHAN
1)   Fotocopy surat-surat yang akan dilegalisasi 3 lembar
2)   Menyertakan surat-surat asli dari fotocopy yang akan dilegalisasi
3)   Petugas pelayanan melegalisir surat-surat tersebut.

4.    SURAT-SURAT       KETERANGAN       YANG       BERHUBUNGAN       DENGAN      PERNIKAHAN
1)   Fotocopy KTP/Akta Kelahiran/Kartu Keluarga
2) Surat Keterangan dari Desa yang berisi keterangan yang diperlukan (Contoh: Keterangan  belum menikah/Janda, dll)
3)  Petugas pelayanan menerbitkan Surat Keterangan yang diperlukan sesuai data yang tertera  dalam point 1 dan 2.
Ø Prosedur Pernikahan dengan Warga Negara Asing
Warga Negara Asing dapat melangsungkan pernikahan di Indonesia dan dicatat oleh Pegawai Pencatat Nikah dengan ketentuan:
1)  Pernikahan dilakukan menurut hukum yang berlaku di Indonesia (UU No. 1 Tahun 1974 dan peraturan lainnya)
2)    Pernikahan memenuhi syarat materiil dan tidak melanggar ketentuan hukum yang berlaku di negara asal dari catin yang bersangkutan dibuktikan dengan Surat Keterangan dari pejabat berwenang di negara asal
3)      Persyaratan lain yang harus dipenuhi bagi Warga Negara Asing adalah:
a.     Meyerahkan  Surat  Keterangan  / Rekomendasi yang telah diterjemahkan oleh penterjemah resmi ke dalam bahasa Indonesia dari Kedutaan Negara yang bersangkutan yang ada di Indonesia
b.      Menyerahkan Surat Keterangan Pernyataan beragama Islam
c.       Menyerahkan fotocopy pasport dan visa
d.      Menyerahkan   fotocopy   Akta   Kelahiran   yang   telah  diterjemahkan  oleh  penterjemah  resmi  ke  dalam  bahasa  Indonesia
e.       Menyerahkan pas photo 3 x 4 sebanyak 2 lembar, dan
f.       Ukuran 2 x 3 sebanyak 3 lembar.

Ø Prosedur Pernikahan di Luar Indonesia
1.  Pernikahan yang dilakukan di luar Indonesia adalah sah apabila dilakukan menurut hukum yang berlaku di negara itu
2.    Bagi Warga Negara Indonesia:
1)   Tidak melanggar ketentuan UU No. 1 Tahun 1974
2)  Apabila kembali ke Indonesia, Surat Bukti Pernikahannya harus di daftarkan ke KUA Kecamatan tempat tinggal mereka dalam waktu satu tahun setelah berada di Indonesia dengan membawa:
ü Surat Keterangan dari Desa/Kelurahan setempat
ü Pasport asli dan fotocopy-nya
ü Akta Perkawinan dan terjemahannya yang dilegalisasi oleh KBRI
3.  Pegawai Pencatat Nikah (PPN) melakukan pemeriksaan seperlunya dan mencatat pernikahan tersebut pada Buku Akta Nikah Khusus, kemudian pada Akta Pernikahan yang bersangkutan.

Ø Panduan Acara Akad Nikah
1.    Pembukaan
2.    Pembacaan ayat suci Al Qur’an
3.    Pemeriksaan berkas-berkas pernikahan
4.    Ijab Qabul dengan rangkaian:
1)   Pembacaan Khutbah Nikah
2)   Pembacaan Istigfar dan Syahadat
3)   Ijab Qabul
4)   Do’a
5.    Serah terima dan Taushiyah
6.    Tutup.





PERWAKAFAN

PROSEDUR DAN STANDAR PELAYANAN PENDAFTARAN WAKAF
Ø Status Tanah yang Sudah Bersertifikat
1.      PERSYARATAN PEMBUATAN AKTA IKRAR WAKAF:
1)      Sertifikat hak atas tanah yang telah dicek keasliannya dari BPN
2)      Surat   Keterangan   dari   Desa   bahwa   tanah   tidak   dalam   sengketa   yang   diketahui  oleh     Camat
3)      Surat Keterangan Pendaftaran Tanah (SKPT) dari BPN
4)      Wakif menghadap langsung ke PPAIW
5)      PPAIW  meneliti  Nadzir,  kemudian  menerbitkan  surat  pengesahan  Nadzir  (model  W5  atau W5.a)
6)      Wakif mengikrarkan wakaf di hadapan PPAIW, Nadzir dan dua orang saksi
7)      PPAIW menerbitkan Akta Ikrar Wakaf dalam rangkap 6.

2.      PROSEDUR PERSERTIFIKATAN TANAH WAKAF DI BPN
1)      Sertifikat tanah yang bersangkutan
2)      Ikrar Wakaf
3)      Akta Ikrar Wakaf
4)      Surat Pengesahan Nadzir
5)      Surat Permohonan persertifikatan yang ditujukan ke BPN
6)      Sertifikat Wakaf diterbitkan BPN.

Ø Status Tanah yang Belum Bersertifikat
1.      PERSYARATAN PEMBUATAN AKTA IKRAR WAKAF
1)      Surat-surat kepemilikan tanah
2)      Surat   Keterangan   dari   Desa   bahwa   tanah   tidak   dalam   sengketa   yang  diketahui  oleh  Camat
3)      Surat  Keterangan  Kepala  BPN  setempat  yang  menyatakan  hak  atas  tanah  itu  belum  mempunyai sertifikat
4)      Wakif menghadap langsung ke PPAIW
5)      PPAIW  meneliti  Nadzir,  kemudian  menerbitkan  surat  pengesahan  Nadzir  (model  W5  atau W5.a)
6)      Wakif mengikrarkan wakaf di hadapan PPAIW, Nadzir dan dua orang saksi
7)      PPAIW menerbitkan Akta Ikrar Wakaf dalam rangkap 3.

2.      PROSEDUR PERSERTIFIKATAN TANAH WAKAF DI BPN
1)      Surat-surat kepemilikan tanah
2)      Ikrar Wakaf
3)      Akta Ikrar Wakaf
4)      Surat Pengesahan Nadzir
5)      Surat Permohonan persertifikatan yang ditujukan ke BPN
6)      Apabila memnuhi syarat untuk dikonversi, maka dapat dikonversi langsung atas nama wakif
7)      Apabila   tidak  memenuhi  syarat  untuk  dikonversi,  maka  melalui  prosedur  pengakuan  hak  atas  tanah  wakif
8)      Berdasarkan Akta Ikrar Wakaf dibalikan atas nama Nadzir
9)   Bagi yang dilaksanakan melalui prosedur pengakuan hak penerbitan  sertifikat langsung  dilaksanakan pencatatan sebagaimana Peraturan Mendagri Nomor 6 Tahun 1977
10)  Sertifikat Wakaf diterbitkan BPN.





HAJI

PROSEDUR DAN STANDAR PELAYANAN PENDAFTARAN HAJI
1.  Calon  Jamaah  Haji  datang  ke  Kantor Kementrian Agama Kab./Kota dengan menyerahkan fotocopy KTP sebanyak 3 lembar, Surat Keterangan Sehat, dan photo  3 x 4 sebanyak 4 lembar
2.    Calon Jamaah Haji membayar setoran awal Rp. 25.000.000.- ke Bank penerima setoran
3.    Calon Jamaah Haji menyetorkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) di Bank penerima setoran
4.    BPS  BPIH  mengentry   data   Calon  Jamaah  Haji  ke  dalam  SISKOHAT  sesuai  biodata  SPPH yang sudah ditandatangani pejabat yang berwenang dan stempel dinas
5.    BPS BPIH mentransfer ke rekening Menteri Agama pada Kantor Pusat BPS BPIH dan  menyerahkan Bukti Setor kepada Calon Jamaah Haji
6.    Calon Jamaah Haji akan mendapatkan 4 lembar bukti setoran awal meliputi:
1)      Lembar putih untuk yang bersangkutan/Calon Jamaah Haji
2)      Lembar kuning untuk Kantor Kementrian Agama
3)      Lembar merah untuk proses VISA
4)      Lembar biru untuk lampiran SPMA
Masing-masing telah ditempel pas photo ukuran 3 x 4 dan distempel Bank BPS BPIH serta dilampiri fotocopy KTP
7.  Calon  Jamaah  Haji  menyerahkan  bukti  setoran  awal  sebanyak  3 lembar selain yang berwarna  putih ke Kantor Kementrian Agama Kabupaten
8.    Dengan telah dilaksanakannya prosedur tersebut di atas, maka Calon Jamaah Haji telah terdaftar.   






MADRASAH

PENDIRIAN MADRASAH
Ø Pendidikan Non Formal
1.    PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)
1)   Kelompok Bermain (KOBER) di bawah naungan yayasan
2)   Satuan PAUD Sejenis (SPS):
ü BAMBIM (Bina Anak Muslim Berbasis Masjid)
Rekomendasi dari DMI (Dewan Masjid Indonesia)
ü TAAM (Taman Anak Asuh Muslim)
Rekomendasi dari BKPRMI (Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia)
ü Pos PAUD PKK  (Posyandu)
Di  bawah  naungan  koordinasi  Kementrian Agama dan Dinas Pendidikan / PNFI.
SYARAT PENDIRIAN PAUD:
1.    Rekomendasi dari lembaga BKPRMI/DMI
2.    Jumlah siswa minimal 25 orang
3.    Izin Operasional dari Dinas Pendidikan Kab. Bandung
4.    Izin/persetujuan dari lingkungan/desa
5.    Alamat.

2.    DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH (DTA)
Syarat pendirian:
1. Membuat proposal pengajuan pembuatan izin operasional dari Pekapontren Kanmenag Kab. Bandung diketahui oleh FKDT Kecamatan
2.    Jumlah siswa minimal 25 orang
3.    Data guru
4.    Alamat.

3.    TPA / TQA
Syarat pendirian:
1.    Rekomendasi dari PENAMAS
2.    Siswa usia SD dan TK.

4.    PONDOK PESANTREN
1. Membuat proposal pengajuan pembuatan izin operasional dari Pekapontren Kanmenag Kab. Bandung
2.    Siswa
3.    Guru
4.    Alamat.

5.    MAJELIS TA’LIM DAN REMAJA MASJID
1.    Izin Operasional dari PENAMAS
2.    Tempat di madrasah, masjid, rumah
3.    Ustadz/Ustadzah
4.    Boleh mengajukan bantuan ke BAZ, Bag Sos. Kab., Kanwil.


Ø Pendidikan Formal
Syarat pendirian Lembaga Pendidikan Formal yaitu RA, MI, MTs., MA adalah:
1. Membuat proposal pengajuan pembuatan Izin Operasional dari MAPENDA Kanmenag Kabupaten Bandung
2.    Siswa
3.    Guru
4.    Alamat. 




1 komentar:

  1. Playtech casino in Malaysia - JT Hub
    The 김제 출장샵 company is looking for a new online gambling platform provider 안성 출장마사지 to offer the best live casino experience, and players with real money gaming License: 김해 출장안마 MGA, Gambling & 세종특별자치 출장마사지 Betting 파주 출장마사지 Licence: MGA, E-Money

    BalasHapus